PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA

Ratna Pertiwi, Rusdina (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rusdina Ratna Pertiwi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning, (2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah mengunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (3) ketercapaian keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (4) ketercapaian sikap kerjasama peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang berorientasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan pendekatan Problem Based Learning. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Perangkat lain yang diterapkan dalam penelitian ini berupa lembar observasi sikap, evaluasi penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah (pretest-posttest), serta angket. Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran divalidasi oleh dosen fisika dan guru fisika MAN Yogyakarta III kemudian diujicobakan di kelas X MIA 3 MAN Yogyakarta III. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan rata-rata, persentase dan gain. Reliabilitas instrumen menggunakan percentage of agreement. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) memperoleh perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning dengan kategori penilaian baik dan sangat baik, serta mempunyai nilai reliabilitas lebih dari 75% sehingga layak digunakan, (2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata sebesar 35,2% dengan standar gain 0,67 dalam kategori sedang, (3) ketercapaian keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata sebesar 92,49% dengan standar gain sebesar 0,65 dalam kategori sedang, dan (4) ketercapaian sikap kerjasama peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata sebesar 91,44%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Penguasaan Konsep, Memecahkan Masalah, Kerjasama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 19:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item View Item