PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PEMBERIAN MUSIK LATAR DI KELAS III A SD NEGERI 2 WIJIREJO PANDAK BANTUL

Tya, Asrining (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PEMBERIAN MUSIK LATAR DI KELAS III A SD NEGERI 2 WIJIREJO PANDAK BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TYA_ASRINING_09108244011_PGSD_FIP_UNY.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak melalui pemberian musik latar pada siswa kelas III A SD Negeri 2 Wijirejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah model Kemmis & McTaggart. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Negeri 2 Wijirejo yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak cerita anak, sedangkan teknik observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa, guru, dan penggunaan musik latar. Validasi lembar observasi menggunakan validitas isi melalui expert judgement, sementara tes menggunakan validasi empirik melalui uji validitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian musik latar dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas III A SD Negeri 2 Wijirejo. Pada tahap pra tindakan, nilai rata-rata menyimak cerita anak siswa kelas III A SD Negeri 2 Wijirejo adalah 42,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 5,71%. Pada siklus I dilakukan tindakan berupa pemberian musik latar yang terdiri dari musik instrumental tradisional, musik Barok, lagu anak, dan sound effect pada materi simakan cerita rakyat. Nilai rata-rata menyimak cerita anak pada siklus I meningkat menjadi 58,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 16,19%. Pada siklus II dilakukan tindakan berupa pemberian musik latar yang terdiri dari musik instrumental klasik Mozart, lagu anak, dan sound effect pada materi simakan fabel. Nilai rata-rata menyimak cerita anak pada siklus II sebesar 78,56 dengan persentase ketuntasan 73,33% dan menempati kriteria ketuntasan ‘Baik’, sehingga dapat dikatakan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Kata kunci: keterampilan menyimak cerita anak dan musik latar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 19:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item