KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTREGATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV DI SDN PUNDUNG, IMOGIRI, BANTUL

Nur Wahyu, Purboyanti (2014) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTREGATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV DI SDN PUNDUNG, IMOGIRI, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Keefektifan Metode Cooperative Intregated Reading and Compos.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian mengetahui keefektifan metode Cooperative Intregated Reading and Composition terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV di SDN Pundung, Imogiri, Bantul Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretes dan pascates. deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi guru dan siswa pada waktu pembelajaran dengan metode CIRC. Metode CIRC dalam pembelajaran PKn yang telah dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut: (1) mengidentifikasi topik ; (2) merencanakan kegiatan kelompok; (3) melaksanakan pembelajaran; (4) mempersiapkan laporan akhir; (5) menyajikan laporan akhir; (6) evaluasi. Hasil analisis data yang dilakukan tampak adanya perbedaan dalam pencapaian hasil belajar. Pada pretes mean hasil belajar adalah 63,33 sedangkan mean pada pascates adalah 76,38. Median pada pretes 63 sedangkan median pada pascates adalah 76. Standar deviasi pada pretes 4.06 sedangkan standar deviasi pada pascates 5,98. Pencapaian nilai rata rata siswa pada pascates lebih besar dibandingkan pencapaian nilai pada pretes (76,38 > 63,33). Hal ini menujukkan bahwa metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif digunakan pada pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan). Kata kunci: Keefektifan metode CIRC, PKn, kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 19:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item