PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMP N 2 BAMBANGLIPURO

Nur, Nur Erlinawati (2013) PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMP N 2 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ERLINAWATI NIM 07601241003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang belum dapat memahami terhadap media yang diajarkan dalam proses pembelajaran dan belum diketahuinya persepsi siswa kelas VIII terhadap media gambar dalam pembelajaran bolabasket di SMP negeri 2 Bambanglipuro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII terhadap media gambar dalam pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bambanglipuro yang berjumlah 118 anak. Uji Validitas menggunakan validitas butir yaitu mengkorelasikan skor yang ada dengan skor bagian total. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,950. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VIII terhadap media gambar dalam pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Bambanglipuro adalah cukup positif. Secara rinci, sebanyak 8 siswa (6,78%) mempunyai persepsi sangat kurang positif, 26 siswa (22,03%) mempunyai persepsi kurang positif, 45 siswa (38,14%) mempunyai persepsi cukup positif, 30 siswa (25,42%) mempunyai persepsi positif, dan 9 siswa (7,63%) mempunyai persepsi sangat positif. Frekuensi terbanyak sebesar 38,14%, yaitu pada kategori cukup positif. Dengan demikian persepsi siswa kelas VIII terhadap media gambar dalam pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Bambanglipuro adalah cukup positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 06:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13892

Actions (login required)

View Item View Item