STRATEGI PEMBELAJARAN VARIATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK RENANG GAYA CRAWL BAGI SISWA KELAS VII SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

Jefri, Jeri Firdaus Gunawan (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN VARIATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK RENANG GAYA CRAWL BAGI SISWA KELAS VII SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan strategi pembelajaran variatif untuk meningkatkan kemampuan teknik renang gaya crawl dan apakah setelah digunakan strategi pembelajaran variatif terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas VII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta dalam penguasaan teknik renang gaya crawl. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik renang gaya crawl melalui strategi pembelajaran variatif pada siswa kelas VII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta yang berjumlah 23 (dua puluh tiga) siswa. Data dikumpulkan melalui pre test dan post test, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan tabel dan grafik. Berdasarkan hasil refleksi dan pembahasan pada penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran variatif dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta dalam penguasaan teknik renang gaya crawl. Hasil yang diperoleh yaitu memudahkan siswa dalam belajar untuk melakukan teknik-teknik gerakan renang gaya crawl, sehingga kemampuan masing-masing siswa dalam penguasaan teknik renang gaya bebas (crawl) menjadi lebih meningkat dari pada sebelumnya. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan nilai post test masing-masing siswa yang dilakukan pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13883

Actions (login required)

View Item View Item