PENGGUNAAN MEDIA GEOLOGIC EXPLORATIONS ON DISK (GEODe) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KONSEP LITOSFER DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN

Khabib, Ade Saputro (2012) PENGGUNAAN MEDIA GEOLOGIC EXPLORATIONS ON DISK (GEODe) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KONSEP LITOSFER DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media GEODe untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X.1 SMA Negeri 1 Petanahan dengan menggunaan media GEODe. Media yang digunakan adalah Media Geologic Explorations On Disk (GEODe). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama II siklus. Siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Petanahan menjadi subjek dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan angket. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media GEODe dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Petanahan. Hal ini terlihat dari peningkatan motivasi dan hasil belajar yang dilakukan pada tiap siklus. Motivasi siswa dibuktikan dengan adanya kenaikan motivasi dari siklus I sampai dengan siklus II sebesar 26,21% pada partisipasi belajar siswa dan 10,64% pada hasil respon siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata siklus I sebesar 69,35 dan meningkat pada siklus II sebesar 81.13. Jadi hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,78. Kata Kunci : Media GEODe, Motivasi, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 08:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item