PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SD N 2 DUKUTALIT JUWANA PATI

Aliffia Rosi, Devitasari (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SD N 2 DUKUTALIT JUWANA PATI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Aliffia Rosi Devitasari_09108241004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 2 Dukutalit, Juwana, Pati melalui metode field trip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Dukutalit yang berjumlah 22 siswa. Model penelitian ini menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa, dan tes. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan deskripsi dan dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk foto. Pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Dukutalit. Peningkatan proses dapat dilihat dari minat belajar siswa yang meningkat, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan hasil menulis karangan deskripsi siswa menjadi lebih baik. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 53,76 pada siklus I meningkat menjadi 65,35 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 74,28. Peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM dalam menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 14%, siklus I 36% danpada siklus II meningkat menjadi 81%. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SD, metode field trip

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SD, metode field trip
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:22
Last Modified: 29 Jan 2019 19:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item