PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITS SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PULUHAN KLATEN

Nurul, Ma'rifah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITS SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PULUHAN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 3 Puluhan, Trucuk, Klaten dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Puluhan. Objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran PKn dengan penerapan model Cooperative tipe Think Pair Share (TPS). Instrumen instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model cooperative tipe think pair share. Langkah-lagkah pembelajaran yang dilaksanaka yaitu perubahan dalam penyampaian materi pelajaran, siswa menganalisis permasalahan (think), pembentukan kelompok diskusi dengan mengubah pengelompokan siswa yang didasari dari prestasinya, siswa berpasangan untuk berdiskusi (pair), perwakilan kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (share). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 3 Puluhan Klaten meningkat setelah digunakannya model Cooperative tipe think pair share dalam pembelajaran PKn dengan materi pokok Menjaga Keutuhan NKRI. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari skor rerata pratindakan sebesar 64.25 menjadi 69.63 pada siklus I dan meningkat menjadi 78.25 pada siklus II. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 43.75% pada pratindakan menjadi 62.5% pada siklus I dan meningkat menjadi 87.5% pada siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu sebanyak 25% siswa kegiatannya meningkat antara lain: siswa aktif dalam pembelajaran, siswa lebih leluasa dalam mencari dan mengumpulkan informasi yang diinginkan, dan siswa juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar bersama teman. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis siswa, model Cooperative tipe think pair share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:20
Last Modified: 29 Jan 2019 19:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item View Item