PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Pangestika, Maharani Rahnurhayati (2014) PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241021]Maharani Rahnurhayati Pangestika.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan IKQ, (2) perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran tanpa diberikan IKQ, (3) perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan IKQ dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan IKQ, (4) perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan IKQ dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan IKQ di kelas X SMA N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 1 SMA N 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 165 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas yang melaksanakan pembelajaran dengan diberikan IKQ (A1) dan kelas kontrol (A2) yang melaksanakan pembelajaran tanpa diberikan IKQ. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemberian IKQ dapat meningkatkan motivasi belajar kimia kelas eksperimen secara signifikan dengan harga thitung ¬> ttabel. Kelas kontrol juga mengalami peningkatan motivasi belajar. Apabila membandingkan skor motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan hasil tidak adanya perbedaan yang signifikan (thitung<ttabel). Prestasi belajar kimia antara kelas kontrol dan kelas eksperimen juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan (Fhitung<Ftabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian IKQ belum bisa dikatakan efektif dalam upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item