PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MAN YOGYAKARTA III

Windiarti, Desinta (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DESINTA WINDIARTI.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis guided inquiry untuk membelajarkan peserta didik sehingga mampu mencapai keterampilan berpikir kritis di MAN Yogyakarta III. (2)Ketercapaian keterampilan berpikir kritis pada peserta didik MAN Yogyakarta III yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis guided inquiry yang telah dikembangkan Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang berorientasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan pendekatan guided inquiry. Pembelajaran dilakukan dengan kerja laboratorium menggunakan LKPD yang dikembangkan. Perangkat pendukung yang digunakan berupa RPP, lembar observasi keterampilan berpikir kritis, tes evaluasi keterampilan berpikir kritis (pretest-posttest). Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran divalidasi oleh dosen fisika dan guru fisika MAN Yogyakarta III kemudian diujicobakan di kelas X MIA 2 MAN Yogyakarta III. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan rata-rata, persentase dan gain. Reliabilitas instrumen menggunakan percentage agreement. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran fisika berbasis guided inquiry berdasarkan penilaian dari validator yaitu dosen dan guru SMA telah “layak” digunakan untuk membelajarkan peserta didik sehingga mampu mencapai keterampilan berpikir kritis di MAN Yogyakarta III karena berada di dalam kategori penilaian “sangat baik”. (2)Ketercapaian keterampilan berpikir kritis pada peserta didik MAN Yogyakarta III yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis guided inquiry yang telah dikembangkan adalah sebesar 84,38 % dengan standar gain sebesar 0,58 dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, guided inquiry, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13851

Actions (login required)

View Item View Item