KESESUAIAN LAHAN BEKAS GALIAN BATU BATA UNTUK TANAMAN PANGAN DI DUSUN NGAMPON, DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL

Reni, Pratiwiningtyas (2012) KESESUAIAN LAHAN BEKAS GALIAN BATU BATA UNTUK TANAMAN PANGAN DI DUSUN NGAMPON, DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kesesuaian lahan bekas galian batu bata untuk tanaman pangan, (2) faktor – faktor yang mendorong dan membatasi kesesuaian lahan untuk tanaman pangan di daerah penelitian, (3) upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas lahan di daerah penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mengungkapkan suatu fenomena keadaan alam, dalam hal ini adalah dampak aktivitas industri batu bata terhadap tingkat kualitas lahan daerah penelitian yang berpengaruh pada kelas kesesuaian lahan yang sesuai untuk tanaman pangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei - Agustus 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh satuan unit lahan bekas galian batu bata yang ada di Dusun Ngampon, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Pengumpulan data melalui observasi, uji laboratorium, pengukuran di lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode matching dengan pendekatan “ the law of minimum “ yaitu membandingkan hasil uji laboratorium dan pengukuran di lapangan dengan syarat tumbuh tanaman pangan. Hasil penelitian menunjukkan (1) daerah penelitian memiliki variasi kelas kesesuaian lahan yakni S2 pada sampel I dan II untuk tanaman padi dan jagung, kelas S3 pada sampel I dan II untuk tanaman ubi kayu, (2) faktor pembatas permanen dan nonpermanen meliputi curah hujan,KTK, kejenuhan basa, C – Organik, tekstur, bahan kasar, drainase, alkalinitas dan bahaya erosi, (3) upaya pegelolaan dalam memperbaiki faktor pembatas dapat dilakukan dengan berbagai cara meliputi : pengapuran dan penambahan bahan organik, penghancuran bongkahan lapisan padas,penggunaan metode mekanik dan vegetatif untuk penanggulangan erosi. Kata kunci : kesesuaian lahan, galian batu bata, tanaman pangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 08:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item