MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BUGS TRAINING CENTER SLEMAN

Faisal, Yufri (2015) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BUGS TRAINING CENTER SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faisal Yufri_07101241033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pemasaran jasa pendidikan di lembaga kursus dan pelatihan Bugs Training Center Sleman. Adapun manajemen pemasaran yang dibahas meliputi analisis kesempatan pasar, strategi segmentasi, pendekatan pemasaran, pemilihan pasar sasaran, strategi promosi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah pengelola kursus bagian pemasaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Milles dan Michael Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen pemasaran jasa pendidikan di lembaga kursus dan pelatihan Bugs Training Center Yogyakarta yaitu: 1) Analisis kesempatan pasar dilaksanakan melalui merumuskan masalah dan sasaran riset pasar yang dilakukan melalui survey lapangan dan wawancara dengan beberapa responden, mengembangkan rencana riset, mengumpulkan informasi, menganalisis informasi, menyajikan hasil dan mengambil keputusan yang dilakukan oleh direktur lembaga melalui rapat evaluasi pemasaran, 2) Strategi segmentasi dilakukan dengan cara strategi market focused, 3) Pendekatan pemasaran dilakukan dengan pembedaan atau terdiferensiasi meliputi pembuatan kelas regular, kelas privat, materi khusus dan kelas instansi, 4) Pemilihan pasar sasaran sudah ditetapkan sejak awal berdirinya lembaga yaitu mahasiswa yang berada disekitar lokasi lembaga. Untuk kelas instansi tidak dibatasi pada wilayah Sleman, dan 5) Strategi promosi meliputi promosi konvensional, promosi melalui internet, dan promosi melalui surat penawaran. Kata Kunci: jasa pendidikan, manajemen kursus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

View Item View Item