PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA SMARTPHONE DENGAN PLATFORM ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK

Irawan, Pria (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA SMARTPHONE DENGAN PLATFORM ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pria Irawan.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran fisika berbasis komputer sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar untuk siswa SMA kelas X materi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan produk mobile learning pada smartphone dengan platform android yang dikembangkan dengan materi listrik sebagai media belajar, (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone dengan platform android sebagai sumber belajar terhadap penguasaan materi listrik, (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone dengan platform android sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yakni define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini. Pada tahap develop dilakukan penilaian ahli (expert appraisal) dan uji coba (developmental testing) yang melibatkan guru fisika, 5 mahasiswa pendidikan fisika, dan 30 siswa SMA kelas X sebagai pengguna media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) produk hasil pengembangan media dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli, guru fisika, dan peer reviewer dengan kategori baik, (2) media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone dengan platform android meningkatkan penguasaan materi listrik pada siswa kelas X dengan nilai gain 0,35 atau dalam kategori sedang, (3) media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone dengan platform android meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas X dengan nilai gain 0,12 atau dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, android , sumber belajar, listrik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 19:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item View Item