PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI

Rahmah, Ihda Nur (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241024]Ihda Nur Rahmah.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis quantum learning pokok bahasan kesetimbangan kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas XI dan mengetahui kualitas media pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis quantum learning mengadaptasi model Borg dan Gall. Tahapan yang dilalui untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis quantum learning adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, peninjauan ahli materi dan ahli media serta revisi, peninjauan peer reviewer dan revisi serta penilaian oleh reviewer dan revisi akhir. Media pembelajaran mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan 3 orang peer reviewer yang selanjutnya dinilai oleh lima orang guru kimia SMA sebagai reviewer. Penilaian media pembelajaran ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, tampilan visual, tampilan video, kemudahan penggunaan, dan muatan quantum learning. Hasil penilaian digunakan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis quantum learning dalam bentuk CD dengan menggunakan program macromedia flash 8. Kualitas media pembelajaran interaktif berbasis quantum learning bernilai Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item View Item