UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VB SD JOMBLANGAN BANGUNTAPAN

Sri, Isnawati (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VB SD JOMBLANGAN BANGUNTAPAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sri Isnawati (10108247064) 111.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SD Jomblangan pada pokok bahasan bilangan bulat menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian siswa kelas VB SD Jomblangan yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judstment. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 70% siswa telah mencapai KKM yaitu 70 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran bilangan bulat. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan asas, kerangka, serta prinsip-prinsip Quantum Teaching. Kerangka Quantum Teaching yang terdiri dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan (TANDUR) diterapkan dalam RPP dan selanjutnya dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada pra siklus, siswa yang tuntas 48,15% dengan nilai rata-rata kelas 61,11, sehingga perlu diadakan tindakan siklus I. Pada pelaksanaan siklus 1, model pembelajaran Quantum Teaching mulai diterapkan. Siswa yang mencapai nilai di atas KKM mengalami peningkatan menjadi 55,56% dengan rata-rata kelas 67,96. Namun, pembelajaran pada siklus I belum mencapai keberhasilan sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 74,07% dengan rata-rata kelas 72,56. Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika dan Model Pembelajaran Quantum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item