EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA BASED LEARNING (MBL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Afif, Ainun (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA BASED LEARNING (MBL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10314244013]Ainun Afif.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai efektivitas penerapan multimedia based learning (MBL) pada pembelajaran kimia terhadap self-regulated learning (SRL) dan hasil belajar siswa bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) perbedaan yang signifikan pada hasil belajar dan SRL siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan menerapkan MBL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia tanpa MBL, (2) perbedaan yang signifikan antara SRL siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan MBL, dan (3) hubungan yang signifikan antara SRL dengan hasil belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan menerapkan MBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : angket SRL untuk mengukur SRL siswa, RPP, dan soal pengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t, uji korelasi, ANAKOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa namun ada perbedaan yang signifikan antara SRL siswa yang mengikuti kelas MBL dan tidak, (2) ada perbedaan yang signifikan antara SRL siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan MBL, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara SRL dengan hasil belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan menerapkan MBL.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item