PERBEDAAN KECEERDASAN EMOSIONNAL ANTARRA SISWA AKTIF DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG TIDAK MEENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA KELAS X DI SMAN 2 PLAYEN GUNUNG KIDUL

Yudistira Galih, Ramadhan (2014) PERBEDAAN KECEERDASAN EMOSIONNAL ANTARRA SISWA AKTIF DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG TIDAK MEENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA KELAS X DI SMAN 2 PLAYEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YIDISTIRA GALIH R.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini ialah kurang efektifnya waktu luang siswa SMAN 2 Playen yang tidak dimanfaatkan dengan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga siswa membuang waktu dan melakukan hal-hal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional antara siswa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMAN 2 Playen Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif comparative. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas X SMAN 2 Playen yang berjumlah 173, sampel dalam penelitian ini adalah 65 siswa aktif ekstrakurikuler olahraga dan 108 siswa tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan metodenya ialah metode survei. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara siswa aktif ekstrakurikuler olahraga dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga memiliki nilai t hitung 7.782, t tabel 2.00 (df = 60) pada taraf signifikansi 5%, karena t hitung lebih besar dari t-tabel maka ada perbedaan yang signifikan antara siswa aktif ekstrakurikuler olahraga demgan yang tidak mengikuti ekstarkurikuler olahraga. Siswa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga memliki kecerdasan emosional lebih baik dari pada siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga sebesar 4.56 atau 3.57 %.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: NIM: 10601244179
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Siswa Aktif Ekstrakurikuler Olahraga, Siswa Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga,
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 01 Apr 2015 06:29
Last Modified: 11 Mar 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item View Item