IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU TEKS KIMIA SMA PADA KONSEP LARUTAN DAN ASAM BASA

Kartika, Dian (2014) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU TEKS KIMIA SMA PADA KONSEP LARUTAN DAN ASAM BASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[11303243001]Dian Kartika.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep larutan dan asam basa yang mengalami miskonsepsi pada buku teks kimia SMA kelas X dan XI dan memberikan penyelesaian atas miskonsepsi yang terjadi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang berusaha memperoleh gambaran pemahaman tentang konsep larutan dan asam basa dalam sampel buku teks kimia SMA kelas X dan XI berdasarkan standar kebenaran konsep. Sampel buku teks kimia SMA yang digunakan berjumlah 3 buku teks kelas X dan 3 buku teks kelas XI dengan penulis dan penerbit yang berbeda yang beredar di kota Yogyakarta. Instrumen kebenaran konsep larutan dan asam basa disusun sebagai alat uji kebenaran konsep untuk mengetahui sejauh mana miskonsepsi yang terjadi dalam buku teks kimia yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terdapat dalam buku teks kimia SMA untuk konsep larutan dan asam basa antara lain gula/sukrosa (C12H22O11) termasuk senyawa kovalen polar; senyawa kovalen merupakan suatu elektrolit; tidak terdapat penjelasan mengenai konsep pOH, reaksi netralisasi, menghitung pH asam kuat dan pH asam lemah/basa lemah polivalen; larutan elektrolit lemah akan terionisasi sebagian (0 <  < 1); larutan NH3 sering ditulis sebagai NH4OH; Lewis mengusulkan pengertian asam basa berdasarkan reaksi serah terima elektron; dan terdapat miskonsepsi yang ditemukan pada soal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 19:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13786

Actions (login required)

View Item View Item