ANALISIS KELENGKAPAN ALAT, BAHAN LABORATORIUM DAN KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KABUPATEN PACITAN

Kenanga, Arie Senja (2014) ANALISIS KELENGKAPAN ALAT, BAHAN LABORATORIUM DAN KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KABUPATEN PACITAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10314244025]Arie Senja Kenanga.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan alat, bahan kimia laboratorium dan keterlaksanaan praktikum kimia kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pacitan. Pada penelitian ini seluruh SMA Negeri (8 SMA Negeri) di Kabupaten Pacitan diteliti. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan wawancara langsung dengan guru kimia dan laboran. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik rerata persentase dari setiap variabel, dan data kualitatif diperoleh melalui konversi menggunakan kriteria Suharsimi Arikunto (2009) dan kriteria Eko Putro Widoyoko (2009). Hasil penelitian ini menunjukkan kelengkapan peralatan laboratorium kimia SMA di Kabupaten Pacitan pada kriteria lengkap; kelengkapan bahan kimia di laboratorium kimia pada kriteria sedang; dan keterlaksanaan praktikum kimia kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pacitan: 4 SMA Negeri dengan kriteria sangat baik, 1 SMA Negeri dengan kriteria baik, dan 2 SMA Negeri dengan kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 19:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item