TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK PGRI SENTOLO

Indra, Indra Surya Wibawa (2015) TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK PGRI SENTOLO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terhadap perilaku siswa selama berada di sekolah. Ada siswa yang menunjukkan perilaku menyimpang dari tata tertib sekolah namun peneliti juga menemukan siswa yang menujukkan kematangan secara emosional dalam pengendalian diri yang beberapa dari kelompok ini adalah peserta ekstrakurikuler olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMK PGRI Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dan menggunakan instrumen angket. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan 20 siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga atau mengikuti ekstrakurikuler tetapi bukan ekstrakurikuler olahraga Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha dari Cronbach. Hasil penilitian menujukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMK PGRI Sentolo sebanyak 0 siswa (0%) mempunyai tingkat kecerdasan emosional sangat rendah, 3 siswa (7,5%) rendah, 15 siswa (37,5%) sedang, 17 siswa (42,5%) tinggi, dan 3 siswa (7,5%) sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 02:28
Last Modified: 29 Jan 2019 19:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13780

Actions (login required)

View Item View Item