PENGEMBANGAN SCRABBLE HANACARAKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA

Eka, Desiana (2014) PENGEMBANGAN SCRABBLE HANACARAKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Eka Desiana_09108244096.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat menghasilkan produk media pembelajaran berupa permainan edukatif yang layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas VI Sekolah Dasar dalam belajar aksara Jawa. Penelitian dan pengembangan ini berdasarkan teori Borg and Gall, dilaksanakan dalam sepuluh tahap yaitu melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, pengembangan bentuk produk dan penilaian ahli, melakukan uji coba pendahuluan, melalakukan revisi terhadap produk utama, melakukan uji coba utama, melakukan revisi terhadap produk operasional, melakukan uji coba lapangan, melakukan revisi terhadap produk akhir, mendeseminasikan dan implementasi produk. Data yang diperoleh dari penilaian ahli dan uji coba produk dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media scrabblehanacaraka pada materi aksara Jawa untuk siswa kelas VI di SD Negeri Keputran A Yogyakarta telah selesai dikembangkan, divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diuji coba. Ahli materi memberikan penilaian terhadap produk media scrabblehanacaraka sebesar 5 (kategori sangat baik) dan ahli media memberikan penilaian sebesar 4,20 (kategori sangat baik). Hasil yang diperoleh pada uji coba pendahuluan sebesar 3,76 (kategori baik), uji coba utama sebesar 4,03 (kategori baik), dan uji coba lapangan sebesar 4,08 (kategori baik). Berdasarkan hasil uji coba dan selisih perbandingan rata-rata skor pre-test dan post-test maka produk media scrabble hanacaraka kelas VI di SD Negeri Keputran A Yogyakarta yang dihasilkan telah layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran aksara Jawa di SD Negeri Keputran A Yogyakarta. Kata kunci : Scrabble, aksara Jawa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 19:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13777

Actions (login required)

View Item View Item