PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING BOLA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 4 PURWOREJO

Juni Istanto (2014) PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING BOLA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 4 PURWOREJO. S1 thesis, fakultas ilmu keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Juni Isnanto NIM 10601244188.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMA Negeri 4 Purworejo belum memiliki keterampilan dribbling yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 4 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola yang berjumlah 16 anak. Instrumen yang digunakan dalam menggunakan tes menggiring bola dari Subagyo Irianto. Teknik analisis data menggunakan kolmogorov-smirnov test untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t untuk pengujian hipotesis, dan sampel berkorelasi pada taraf signifikasi 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap keterampilan dribbling bola. Uji hipotesis menunjukkan nilai t sebesar (4,614) dan nilai p (0,000) < 0,05, sehingga hal tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan dribbling setelah diberi perlakuan dengan latihan pendekatan taktik. Berdasarkan hasil rata-rata (mean) menunjukkan rerata posttest < pretest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan pendekatan taktik terhadap keterampilan dribbling bola siswa ekstrakurikuler sepakbola di SMA Negeri 4 Purworejo. Peningkatan keterampilan dribbling bola sebesar 1.52563 atau 7,99% (diperoleh dari mean different dibagi mean pretest dikalikan 100%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10601244188
Uncontrolled Keywords: pendekatan taktik, dribbling, sepakbola.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 01 Apr 2015 06:24
Last Modified: 29 Jan 2019 19:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13770

Actions (login required)

View Item View Item