PENERAPAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KROGOWANAN, KECAMATAN SAWANGAN, KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Erna, Budiyati (2014) PENERAPAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KROGOWANAN, KECAMATAN SAWANGAN, KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPISI_ERNA BUDIYATI_09108244008.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Krogowanan melalui penerapan metode permainan dalam pembelajaran IPA. Minat belajar siswa dilihat dari antusiasme, rasa ingin tahu, perhatian, partisipasi aktif, menghargai pendapat, dan ketekunan. Penelitian dilaksanakan di SDN Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengambilan data yaitu pengamatan dan skala minat. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SDN Krogowanan dalam pembelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan metode permainan. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan bahwa 87,50% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Pada siklus II, penerapan metode permainan disertai perbaikan tindakan berupa siswa dimotivasi untuk bertanya dengan menunjukkan media permainan, jenis permainan dimodifikasi menjadi permainan yang dilakukan di depan kelas serta berkompetisi dengan kelompok lain, dan penyampaian pendapat dilakukan melalui tindakan yang berkontribusi untuk menyelesaikan permainan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 95,80% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Kata Kunci: minat belajar siswa, metode permainan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 19:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item