IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN GULING BELAKANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMLOKO 2 NGAGLIK SLEMAN

Hessein, Akbar Nugroho (2013) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN GULING BELAKANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMLOKO 2 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
6. Hussein.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilihat dari kenyataan mengenai kurang penguasaan siswa kelas V SD N Karangmloko 2 Ngaglik Sleman terhadap guling belakang, muncul dugaan mengenai faktor penyebab, yang diperkirakan disebabkan oleh berbagai hal, misalnya kondisi siswa, alat dan fasilitas, pendukung dalam pembelajaran senam lantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran guling belakang pada siswa kelas V SD N Karangmloko 2 Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini survey dengan metode wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Karangmloko 2 Ngaglik Sleman yang berjumlah 22 responden, yang terdiri dari laki-laki 12 anak dan perempuan 10 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan siswa kelas V dalam proses pembelajaran guling belakang di SD N Karangmloko 2 Ngaglik Sleman terdiri dari 6 (enam) faktor yang menjadi hambatan siswa, yaitu: (1) Faktor Intern Jasmaniah, hal ini disebabkan karena ada beberapa siswa mempunyai berat badan berlebih, sehingga keseimbangan, kelenturan, dan ketangkasannya kurang baik; (2) Faktor Intern Psikologis, ada beberapa siswa yang merasa takut dan menganggap materi sebagai materi yang sulit dan membahayakan; (3) Faktor Ekstern Keluarga, hal ini disebabkan karena sebagian keluarga juga memiliki perasaan khawatir terhadap pembelajaran materi guling belakang; (4) Faktor Ekstern Lingkungan Pembelajaran Sekolah, disebabkan karena olahraga guling belakang tidak popular dalam kehidupan masyarakat; (5) Faktor Ekstern Guru, hal ini disebabkan masih ada anggapan dari beberapa komponen sekolah bahwa pembelajaran guling belakang hanya bersifat materi tambahan dan kurang prioritas jika dibandingkan pelajaran yang lain; dan (6) Faktor Ekstern Sarana Prasarana, hal ini disebabkan karena belum adanya hall (ruangan) khusus untuk guling belakang. Kata Kunci: Faktor-faktor penghambat pembelajaran, Guling Belakang, Siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 02:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item