TINGKAT KEPUASAN SISWA KELAS OLAHRAGA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 3 PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

aziz, m Aziz Nur Diansyah (2015) TINGKAT KEPUASAN SISWA KELAS OLAHRAGA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 3 PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Aziz Nur Diansyah(09601241021).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya keluhan oleh siswa mengenai pembelajaran pendidikan jasmani di SMP N Negeri 3 Pleret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa kelas olahraga terhadap sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Pleret kabupaten Bantul. Penelitian ini sangat penting dan layak dilakukan karena merupakan penelitian awal untuk memperoleh informasi yang lebih komprehensip terhadap segala sesuatu tentang sarana dan prasarana pendidikan jasmani SMP Negeri 3 Pleret. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas olahraga terhadap sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Pleret kabupaten Bantul sebanyak 56 orang dan semuanya dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah mengisi pernyataan dalam kuisioner yang terdiri dari 44 pernyataan terdiri dari 4 jawaban, yaitu sangat puas (SP), puas (P), tidak puas (TP), sangat tidak puas (STP). Hasil uji validitas instrumen dengan korelasi product moment dari Pearson dan menunjukkan ada korelasi dengan taraf signifikansi 0,05 atau 0,01 dan 1 butir pernyatan yang tidak terdapat korelasi sehingga didapat, sedangkan untuk hasil reliabilitas yang telah dilakukan, nilai koefisien reliabilitas alpha adalah 0,953 sehingga instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa kelas olahraga terhadap sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta di atas secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa sebanyak 2 siswa kelas olahraga (4,26%) mempunyai kategori sangat tinggi, 16 siswa kelas olahraga (34,04%) mempunyai kategori tinggi, 17 siswa kelas olahraga (36,17%) mempunyai kategori sedang, 11 siswa kelas olahraga (23,40%) mempunyai kategori rendah, dan 1 siswa kelas olahraga (2,13%) mempunyai kategori sangat rendah. Frekuensi terbanyak pada interval 119,36 < X ≤ 139,80 yang artinya tingkat kepuasan siswa kelas olahraga terhadap sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta secara keseluruhan berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13741

Actions (login required)

View Item View Item