PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD N MEGULUNG LOR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Windi Retno, Bintari (2014) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD N MEGULUNG LOR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINDI 09108241031.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SD N Megulung Lor, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Aspek yang diteliti meliputi peran Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan peran sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Megulung Lor, Pituruh, Purworejo. Subjek penelitian ini adalah Komite Sekolah. Sumber data yang dijadikan sumber informasi adalah ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah, perwakilan guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi data untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa SD N Megulung Lor termasuk dalam kategori baik. Berkaitan dengan Komite Sekolah, selama periode 2007 – 2012 Komite Sekolah SD N Megulung Lor belum memiliki pemetaan pembagian kerja masing-masing anggotanya dan belum mencantumkan program kerjanya sehingga pelaksanaan indikator kinerjanya berdasarkan koordinasi dengan sekolah dan instruksi kepala sekolah. Akan tetapi, Komite Sekolah telah melaksanakan beberapa indikator kinerja berkaitan dengan perannya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator dalam meningkatkan mutu sekolah di SD N Megulung Lor, meskipun masih terdapat beberapa indikator kinerja Komite Sekolah yang belum terlaksana. Indikator-indikator tersebut adalah: (1) memberikan pertimbangan dalam penyusunan kurikulum dan pembelajaran; (2) menilai kualitas kebijakan yang diambil oleh sekolah, kualitas perencanaan sekolah dan kualitas program sekolah; (3) melakukan pengawasan terhadap sumber daya pelaksana program dan partisipasi sekolah terhadap program sekolah; (4) melakukan penilaian terhadap angka partisipasi sekolah baik di tingkat gugus, kecamatan, maupun kabupaten; (5) menilai angka mengulang sekolah; (6) menilai angka bertahan di sekolah; dan (7) menghubungkan Komite Sekolah dengan Dewan Pendidikan setempat. Kata kunci: peran komite sekolah, mutu sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:05
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item