HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN (X1), PANJANG LENGAN (X2), KEKUATAN OTOT PUNGGUNG (X3)DAN KEKUATAN OTOT PERUT(X4) DENGAN JAUHNYA LEMPARAN KEDALAM (THROW-IN) (Y) PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SMA 4 YOGYAKARTA

Riya, Riya Yoga Arna (2013) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN (X1), PANJANG LENGAN (X2), KEKUATAN OTOT PUNGGUNG (X3)DAN KEKUATAN OTOT PERUT(X4) DENGAN JAUHNYA LEMPARAN KEDALAM (THROW-IN) (Y) PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SMA 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelatih ekstrakurikuler sepakbola di SMA N 4 Yogyakarta kurang memperhatikan kemampuan lemparan kedalam (throw in), padahal teknik dasar lemparan kedalam (throw in) merupakan salah satu teknik dasar penting dalam permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan, panjang lengan, kekuatan otot punggung dan kekuatan otot Perut dengan jauhnya lemparan kedalam (Throw in) pada permainan sepak bola Peserta Ekstrakurikuler SMA 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survey dengan instrumen tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan adalah tes Push Up untuk Kekuatan Otot Lengan, Anthropometer untuk test Panjang Lengan, Leg and Back Dynamometer test untuk Kekuatan Otot Punggung, Sit Up adalah test untuk Kekuatan Otot Perut dan Throw-In test Jauhnya Lemparan. Subjek penelitian yang digunakan adalah Peserta Ekstrakurikuler SMA 4 Yogyakarta yang berjumlah 19 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi berganda pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian uji korelasi menunjukan ada hubungan antara Kekuatan Otot Lengan dengan kemampuan Throw-In dengan nilai r hitung sebesar 0,735 > r tabel(0,05)(df:18) (0,378), ada hubungan antara Panjang lengan dengan kemampuan Throw-In dengan nilai r hitung sebesar 0,566 > r tabel(0,05)(df:18) (0,378), ada hubungan antara kemampuan kekuatan otot punggung dengan kemampuan Throw In dengan nilai r hitung sebesar 0,718 > r tabel(0,05)(df:18) (0,378), dan ada hubungan antara kekuatan otot perut dengan kemampuan throw in dengan nilai r hitung sebesar 0,623 > r tabel(0,05)(df:18) (0,378). Hasil analisis regresi ganda menunjukan F hitung sebesar 19,834 > F tabel(0,05)(4:14) (3,11) diartikan ada hubungan antara Kekuatan otot Lengan, panjang lengan, kekuatan otot punggung dan kekuatan otot perut dengan kemampuan Throw-In.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item View Item