PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN TERSAN GEDE 2 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG

Rosidig, Rosidig (2015) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN TERSAN GEDE 2 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, fakultas ilmu keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat peningkatan kesegaran jasmani melalui permainan tradisional siswa kelas V SD Negeri Tersan Gede 2 Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (pra exsperimen). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tersan Gede 2, dengan jumlah 18 siswa yang terdiri atas 8 siswa putra dan 10 siswa putri. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument berupa TKJI untuk usia 10-12 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan t sebesar -3,630 lebih besar dari t tabel sebesar 1,740 (-3,630 > 1,740), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 1,45 dari 13,83 menjadi 15,28. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 10,48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat peningkatan kesegaran jasmani melalui permainan tradisional siswa kelas V SD Negeri Tersan Gede 2 Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Kata kunci: Kesegaran Jasmani, Permainan Tradisional hitung

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10601247065
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Permainan Tradisional
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item View Item