PENGARUH LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN

Ratri, Ratri Bela Yunnardiantara (2015) PENGARUH LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ratri Bela Yunnardiantara 09601244083.pdf

Download (60MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menggiring bola (dribbling) pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Minggir Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan ball feeling terhadap peningkatan keterampilan menggiring bola (dribbling). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Minggir yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola yang berjumlah 36 siswa. Subjek dibagi menjadi dua kelompok menggunakan formulasi ordinal pairing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menggiring bola dari Subagyo Irianto dengan tingkat validitas sebesar 0,559 dan reliabilitas 0,637. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen memperoleh nilai t hitung > t tabel (3,681 > 1,74), maka dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan keterampilan menggiring bola pada saat pretest dan posttest. Pada kelompok kontrol, diperoleh nilai t hitung < t tabel (0,834 < 1,74), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada keterampilan menggiring bola pada saat pretest dan posttest. Pada kelompok eksperimen mengalami penurunan waktu sebesar 1,78 detik atau terjadi peningkatan kecepatan dengan persentase peningkatan 9,03 %. Hal ini berarti kelompok eksperimen yang diberi latihan ball feeling mengalami peningkatan kecepatan menggiring. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan ball feeling terhadap peningkatan keterampilan dribbling pada peserta ekstrakulikuler sepakbola SMP Negeri 1 Minggir Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item View Item