PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) KELAS IV SD NEGERI 1 WONOBOYO KLATEN

Anita Puspita, Sari (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) KELAS IV SD NEGERI 1 WONOBOYO KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Anita Puspita Sari_10108247078.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievement Division) kelas IV SD Negeri 1 Wonoboyo Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Wonoboyo yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievement Division). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas logis. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas IV SD Negeri I Wonoboyo Klaten. Nilai rata-rata evaluasi siswa par tindakan 41,61 meningkat sebesar 16,42 menjadi 58,06 pada siklus I, dan pada siklus II meningkat sebesar 30,94 menjadi 72,58. Hasil peningkatan nilai rata-rata evaluasi dikategorikan baik karena dalam interval antara 66-79 dan berada di atas KKM, yaitu 60,00. Kata kunci : prestasi belajar IPA, pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievement Division), SD Negeri 1 Wonoboyo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item