EFEKTIVITAS TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Visit Intan Pertiwi, Visit (2014) EFEKTIVITAS TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI Visit Intan Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi terhadap siswa SMP yang menunjukkan perilaku saling mengejek antar siswa, perkelahian, dan tidak memperhatikan guru ketika pelajaran berlangsung. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menguji keefektivan teknik bermain peran untuk meningkatkan empati siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-postest. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kalasan yang diambil menggunakan purposive sampling. Dari 40 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 20 siswa kelompok kontrol dan 20 siswa kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan adalah skala empati. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan uji wilcoxon antara hasil pengukuran awal kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai signifikansi 0,717<0,05, hasil pengukuran akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai signifikansi 0,001<0,05, hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir kelompok eksperimen diketahui nilai signifikansi 0,000<0,05 dan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir kelompok kontrol diketahui nilai signifikansi 0,004<0,05. Dengan demikian teknik bermain peran efektif dalam meningkatkan empati siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh teknik bermain peran dapat dijadikan pertimbangan guru BK maupun guru mata pelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswa. Kata kunci: bermain peran, empati, siswa kelas VIII

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:20
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13706

Actions (login required)

View Item View Item