REDUKSI OVERCONFORMITY MELALUI TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SEDAYU

Agung Widianto, Agung (2015) REDUKSI OVERCONFORMITY MELALUI TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Overconformity siswa terhadap kelompok disebabkan ketidakasertifan siswa untuk menghadapi konformitas kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi overconformity melalui teknik assertive training pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sedayu. Teknik assertive training dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data menggunakan skala konformitas siswa, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala konformitas siswa, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas skala konformitas menggunakan Product Moment Person taraf 5% diperoleh nilai 0.396. Untuk hasil uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,938. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan grafik. Hasil penelitian membuktikan: (1) Overconformity dapat direduksi melalui teknik assertive training yang terdiri dari pemberian pemahaman tentang konformitas, overconformity, dan teknik assertive training; mengidentifikasi perilaku negatif yang pernah dilakukan karena mengikuti teman; memberikan bimbingan kelompok, diskusi, bermain peran, membuat skenario bermain peran dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok; (2) Penelitian ini terdiri dari pra tindakan dengan rerata sebesar 123,7 (kategori sangat tinggi), siklus I sebesar 117,6 (kategori sangat tinggi), dan siklus II sebesar 96,8 (kategori sedang). Penelitian dihentikan sampai siklus II, karena sudah melampaui batas indikator keberhasilan rata-rata nilai skala lebih dari 75 dan kurang dari 110. Kata kunci: overconformity, assertive training.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item