PENERAPAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 ROWOKELE

Swastika Dewi Dinar Saputri, Swastika (2015) PENERAPAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 ROWOKELE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi.rtf
Restricted to Registered users only

Download (362MB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan teknik kancing gemerincing dalam bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Rowokele, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa skala kemampuan pemecahan masalah, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan analisis diskriptif kuantitatif berupa kategorisasi, persentase, serta rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Rowokele dapat meningkat dengan menerapkan teknik kancing gemerincing dalam bimbingan kelompok. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya pencapaian rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 66,52% pada studi awal, naik menjadi 72,01% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 5,49%. Pada siklus II rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 77,97% naik sebesar 5,96% dari pencapaian pada siklus I. Teknik kancing gemerincing dalam penelitian ini diterapkan dengan langkah-langkah berikut: (1) pembentukan kelompok, masing-masing kelompok berjumlah empat orang dan setiap siswa memperoleh sebanyak lima buah kancing, (2) pembagian tugas pada masing-masing siswa untuk dipahami secara individu terlebih dahulu sebelum bekerja dalam kelompok, (3) diskusi kelompok mengenai tugas yang telah diberikan, dimana setiap siswa wajib memberikan kontribusi yang benar-benar bermanfaat karena setiap siswa hanya dapat memberikan pendapat sebanyak kancing yang dimiliki, guru BK dan peneliti memantau kegiatan diskusi pada setiap kelompok, (4) diskusi kelas guna membahas hasil diskusi setiap kelompok serta pemaknaan terhadap materi yang diberikan, (5) evaluasi terhadap proses diskusi yang telah dilaksanakan. Langkah-langkah tersebut diterapkan pada setiap pertemuan dalam setiap siklus. Kata kunci: pemecahan masalah, bimbingan kelompok, teknik kancing gemerincing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:02
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item