PERBEDAAN KESEGARAN JASMANI PESERTA EKTRAKURIKULER SEPAK BOLA DENGAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMP NEGERI 3 PAKEM

Dobi, Dobi Heryanto (2015) PERBEDAAN KESEGARAN JASMANI PESERTA EKTRAKURIKULER SEPAK BOLA DENGAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMP NEGERI 3 PAKEM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DOBI HERYANTO (08601241019).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani peserta ektrakurikuler sepak bola dan ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Pakem. Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Pakem yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dan ekstrakurikuler bolavoli. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, dengan rincian 21 siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola, dan 39 siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 3 Pakem. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument yang digunakan berupa TKJI untuk usia 13–15 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t. Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2,735 berada di luar daerah penerimaan Ho yaitu dengan t tabel sebesar 2,011. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan tingkat kesegaran jasmani peserta ektrakurikuler sepakbola putra dengan ekstrakurikuler bolavoli putra SMP Negeri 3 Pakem. Besarnya rerata tingkat kesegaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola sebesar 12,90 sedangkan rerata tingkat kesegaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli sebesar 11,25. Rerata tingkat kebugaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola putra lebih besar daripada siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli putra, ini berarti bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola putra lebih baik daripada siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli putra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 23 Mar 2015 08:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13688

Actions (login required)

View Item View Item