PERILAKU HIDUP SEHAT MEMBERS FITNESS CENTER GEDUNG OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Eko Sucipto, Eko S. (2012) PERILAKU HIDUP SEHAT MEMBERS FITNESS CENTER GEDUNG OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Eko Sucipto_08603141041.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku hidup sehat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak orang yang berperilaku hidup kurang sehat terutama berkenaan dengan gaya hidup atau life style seperti minum minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, tidur tidak teratur dan kurang berolahraga. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perilaku hidup sehat members Fitness Center Gedung Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (GOR FIK UNY). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah members Fitness Center GOR FIK UNY. Sampel penelitian ini adalah members Fitness Center yang masih aktif sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling atau teknik sampling kebetulan, maksudnya adalah apabila pemilihan anggota sampelnya dilakukan terhadap orang yang berbeda atau benda yang kebetulan ada atau dijumpai. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil uji validitas diketahui dari 32 butir angket terdapat 4 butir yang gugur yaitu nomor 6, 17, 22 dan 30 yang selanjutnya tidak digunakan dalam pengambilan data penelitian. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,925 dan dinyatakan reliabel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian diketahui perilaku hidup sehat members Fitness Center GOR FIK UNY dalam kategori Cukup Baik sebanyak 72 %. Perilaku terhadap makanan dan minuman sebagian besar responden dalam kategori Baik dan Cukup Baik. Perilaku terhadap kebersihan diri sebagian besar responden dalam kategori Baik. Perilaku terhadap kebersihan lingkungan sebagian besar responden dalam kategori Cukup Baik. Perilaku terhadap sakit dan penyakit sebagian besar responden dalam kategori Cukup Baik. Perilaku hidup yang teratur sebagian besar responden dalam kategori Cukup Baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 23 Mar 2015 08:24
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item