PERBEDAAN KEMAMPUAN LARI 40 M SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DENGAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PEGUNUNGAN

Nanang Budiyanto, NB (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN LARI 40 M SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DENGAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PEGUNUNGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NANANG-10601247014.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan lari 40 meter siswa sekolah dasar di daerah perkotaan dengan siswa sekolah dasar di daerah pegunungan. Metode penelitian dengan desain penelitian komparatif yang hanya mengadakan satu kali tes.Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di daerah perkotaan di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang dan siswa sekolah dasar di daerah pegunungan di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Sampel pada penelitian ini betjumlah 248 orang siswa sekolah dasar, yang terdiri dari 123 siswa dari daerah perkotaan dan 125 siswa dari daerah pegunungan. Intrumen penelitian dengan Tes Lari 40 meter. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan uji t (t-test) dengan tingkat signifikansi 5%. HasH penelitian menunjukkan bahwa rerata siswa Sekolah Dasar di daerah perkotaan adalah 8,19 lebih lambat dibandingkan dengan rerata kemampuan lari 40 meter siswa Sekolah Dasar di daerah pegunungan 7,29. HasH uji-t menyatakan bahwa thitung = 7,754 lebih besar dari ttabel = 1,969 dari tingkat siknifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan kemampuan lari 40 meter antara siswa sekolah dasar di daerah perkotaan dengan siswa sekolah dasar di daerah pegunungan. Kata kunci: Kemampuan lari 40 meter, daerah perkotaan, daerah pegunungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 23 Mar 2015 04:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13652

Actions (login required)

View Item View Item