MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN DAN PENGURUTANNYA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGGAYAM KECAMATAN PLERET BANTUL

Zeti, Sulistiyowati (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN DAN PENGURUTANNYA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGGAYAM KECAMATAN PLERET BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Zeti Sulistiyowati.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang konsep pecahan dan pengurutannya melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IV SD Negeri Karanggayam, Pleret, Bantul. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanggayam yang berjumlah 18 siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika setelah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Untuk menguji validitas instrument dalam penelitian ini menggunakan pendapat para ahli (experts judgement). Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik diskriptif kuantitatif dan kualititatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika setelah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya. Sebelum dikenai tindakan nilai rata-ratanya 68,83 dengan 5 siswa atau 27,77 % siswa tuntas belajar, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 72,38, siswa yang sudah tuntas belajar sebanyak 7 siswa atau 61,11%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 75,72, siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa, ketuntasan belajar yang tercapai meningkat menjadi 83,33%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran juga meningkat dari siklus I mencapai 70,55% pada siklus II menjadi 81,11%. Kata Kunci : konsep pecahan dan pengurutannya, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item