PROFIL SISWA SD NEGERI YANG MENGULANG DI KECAMATAN MAGELANG SELATAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Apri, Setiawan (2015) PROFIL SISWA SD NEGERI YANG MENGULANG DI KECAMATAN MAGELANG SELATAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Apri Setiawan_10101241014.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mata pelajaran yang membuat/menyebabkan siswa banyak tinggal kelas atau mengulang; (2) seberapa jauh penyimpangan (deviasi) rentangan nilai yang diperoleh murid terhadap KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan terhadap rata-rata kelas; (3) latar belakang sosial dari keluarga dan latar belakang sosial lingkungan masyarakat sekitar murid yang mengalami tinggal kelas atau mengulang; (4) latar belakang ekonomi murid yang tinggal kelas atau mengulang; dan (5) akibat yang terjadi setelah siswa mengulang atau tinggal kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa mengulang atau tinggal kelas dan informan pendukung. Lokasi penelitian di SD Negeri se-Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut; (1) Mata pelajaran yang paling banyak membuat siswa mengulang yaitu mata pelajaran pokok seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan mata pelajaran muatan lokal wajib yaitu Bahasa Jawa; (2) Selisih nilai yang diperoleh siswa mengulang cenderung dekat dengan batas ketuntasan yaitu dengan selisih nilai antara 0 sampai dengan 20, sedangkan selisih nilai siswa dengan rata-rata kelas cenderung jauh yaitu dengan selisih nilai antara 21 sampai dengan 40. Sehingga dapat dilihat bahwa nilai siswa yang mengulang jauh dari nilai teman-teman di kelasnya; (3) latar belakang sosial dari siswa mengulang kebanyakan berasal dari pemukiman yang padat penduduk dan pendidikan dari masyarakat sekitar cenderung masih rendah; (4) latar belakang ekonomi dari siswa yang mengulang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan berpenghasilan rendah; dan (5) perkembangan siswa atau dampak yang dialami siswa setelah mengulang adalah sudah banyak mengalami peningkatan baik dari nilai dan kemampuan siswa serta sedikit ada perhatian dari siswa. Kata kunci: profil siswa mengulang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:02
Last Modified: 29 Jan 2019 19:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item