PENGEMBANGAN KOMIK NEED FOR POWER SEBAGAI MEDIA LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI BAGI SISWA KELAS VII SMP N 1 YOGYAKARTA

Greda Isna Patria, Greda Isna (2015) PENGEMBANGAN KOMIK NEED FOR POWER SEBAGAI MEDIA LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI BAGI SISWA KELAS VII SMP N 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Greda I. P 10104244026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik tentang need for power sebagai media layanan bimbingan pribadi bagi siswa kelas VII SMP N 1 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Borg and Gall yang meliputi penelitian awal dan pengambilan data, perencanaan, pengembangan prototipe produk, validasi ahli, uji coba produk awal, revisi hasil validasi ahli, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional dan revisi ahkir. Pada uji validasi terdapat dua ahli yang terlibat yaitu ahli materi yang mengerti tentang bimbingan pribadi dan ahli media yang mengerti tentang komik. Dalam penentuan subyek dilakukan dengan teknik random sampling untuk jumlah subyek pada uji coba lapangan awal sebanyak 5 siswa, uji coba produk lapangan utama sebanyak 15 siswa, sedangkan pada uji lapangan operasional sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan dari beberapa langkah penelitian yang sudah dilakukan, diketahui dari uji ahli media komik dinilai dengan persentase 76,92% yang dikategorikan sangat baik. Masukan yang diberikan adalah penataan pada layout. Hasil uji ahli materi, komik dinilai dengan persentase 66,4% yang dikategorikan baik. Masukan yang diberikan adalah penggantian judul pada cover komik. Hasil uji coba produk lapangan awal, komik dinilai 79,1%. Masukan yang diberikan penggantian cover komik dan penambahan warna pada cover. Hasil uji coba produk lapangan utama, komik dinilai dengan persentase 80,29% yang dikategorikan sangat baik. Masukan yang diberikan siswa cover masih kurang menarik dan mimik wajah tokoh masih kurang terlihat. Pada tahap uji lapangan operasional diperoleh persentase 76,37% yang dikatakan sangat baik. Masukan yang diberikan siswa adalah penambahan layanan bimbingan pribadi nedd for power pada siswa. Kata kunci : need for power, pengembangan komik, layanan bimbingan pribadi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item