UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PALIYAN 1 GUNUNGKIDUL

Fitria Agustina, Nurbaningtyas (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PALIYAN 1 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Fitria Agustina Nurbaningtyas-10108244050.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) proses pembelajaran IPS yang ditinjau dari aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan pembelajaran aktif tipe quiz team, dan 2) prestasi belajar IPS dengan pembelajaran aktif tipe quiz team pada siswa kelas V SD Negeri Paliyan 1 Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Paliyan 1Gunungkidul yang berjumlah 18 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif tipe quiz team dapat meningkatkan proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran aktif tipe quiz team sudah sangat baik. Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan aktivitas siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran aktif tipe quiz team. Selain itu, terdapat peningkatan persentase pencapaian nilai ketuntasan siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 33,3%, kondisi awal 27,8% meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II meningkat sebesar 61,1%, kondisi awal 27,8% meningkat menjadi 88,9%. Peningkatan juga terjadi pada nilai rerata siswa pada siklus 1 sebesar 19,07, kondisi awal 55,9 meningkat menjadi 75, dan pada siklus II meningkat sebesar 25, kondisi awal 55,9 meningkat menjadi 80,9. Kata Kunci : Active Learning, Quiz Team, Prestasi Belajar IPS, SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item