PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LOSARI REMBANG PURBALINGGA

Tria Setyo, Afifah (2015) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LOSARI REMBANG PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Tria Setyo Afifah_10108244100.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher pada siswa kelas V SD Negeri 3 Losari Rembang Purbalingga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis prestasi belajar dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan dan mempertahankan kemerdekaan. Peningkatan persentase setiap aspek keaktifan dapat dilihat dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Kegiatan visual, pada pra tindakan menunjukkan tidak ada siswa dalam kategori tinggi, pada siklus I mencapai 69,35%, pada siklus II mencapai 95,15%. Kegiatan lisan pada pra tindakan mencapai 16,12%, pada siklus I mencapai 24,19%, pada siklus II mencapai 79,83%. Kegiatan mendengarkan pada pra tindakan mencapai 61,28%, pada siklus I mencapai 79,56%, pada siklus II mencapai 94,08%. Kegiatan menulis pada pra tindakan mencapai 67,74%, pada siklus I mencapai 75,8%, pada siklus II mencapai 94,35%. Kegiatan mental pada pra tindakan mencapai 41,93%, pada siklus I mencapai 53,22%, pada siklus II mencapai 79,03%. Kegiatan emosional pada pra tindakan mencapai 37,09%, pada siklus I mencapai 45,96%, pada siklus II mencapai 83,06%. Peningkatan prestasi belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata siswa pada pra tindakan mencapai 68,03, pada siklus I mencapai 71,54, dan pada siklus II mencapai 75,74. Persentase ketuntasan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada pra tindakan 58%, pada siklus I mencapai 70,96%, dan pada siklus II mencapai 90,32%. Kata Kunci: keaktifan, prestasi belajar IPS, metode pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:00
Last Modified: 29 Jan 2019 19:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item