PENGARUH BERMAIN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN DASAR PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA DI SMA N 7 YOGYAKARTA

Ade Riska P, Riska P (2015) PENGARUH BERMAIN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN DASAR PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA DI SMA N 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ADE RISKA PURNAMA NIM 08601244229 UNY FIK PJKR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain bola pantul terhadap kemampuan dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA N 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan model One-group pretest-postest design dimana dalam penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 22 anak, tanpa kelompok pembanding. Maka seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler digunakan sebagai subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes, yaitu Brumbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t untuk pengujian hipotesis atas dasar taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bermain bola pantul terhadap kemampuan dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA N 7 Yogyakarta, dengan demikian, Hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Rata-rata Pretest sebesar 29,409 dan rata- rata Posttest sebesar 32,023 maka dapat diketahui perbedaan rata-rata sebesar 2,614 lebih banyak setelah diberikan latihan dan persentase peningkatan kemampuan dasar passing bawah siswa putra di SMA N 7 Yogyakarta meningkat sebesar 8,887 % setelah diberikan latihan bermain bola pantul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 23 Mar 2015 04:44
Last Modified: 23 Mar 2015 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item View Item