MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PEMBAGIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMI NUMBERS PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI DAWUNG TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

Heti, Murniayudi (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PEMBAGIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMI NUMBERS PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI DAWUNG TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar materi pembagian bilangan cacah menggunakan media kartu domi numbers pada siswa kelas II SD Negeri Dawung, Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Dawung dengan jumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar pada materi operasi hitung pembagian bilangan cacah menggunakan media kartu domi numbers. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Hasil tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif sedangkan hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu domi numbers dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II pada materi pembagian bilangan cacah. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukkan melalui hasil tes yang telah diperoleh. Hasil tes pra siklus menunjukkan ada 8 siswa yang mencapai KKM dengan persentase sebesar 47,05%, kemudian setelah dikenai tindakan siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa (76,47%). Selanjutnya pada siklus II seluruh siswa sudah mencapai KKM dengan persentase 100%. Penggunaan kartu domi numbers juga dapat meningkatkan keaktifan siswa selama pembelajaran yang dapat diketahui melalui skor hasil observasi yaitu siklus I sebesar 86 dengan persentase sebesar 71,9% (baik) dan meningkat pada siklus II diperoleh skor 109 (86,5%) dengan kriteria sangat baik. Dengan melihat hasil yang diperoleh pada setiap siklusnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media kartu domi numbers dapat meningkatkan prestasi belajar materi pembagian bilangan cacah pada siswa kelas II SD Negeri Dawung, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembagian Bilangan Cacah, Kartu Domi Numbers.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:00
Last Modified: 29 Jan 2019 19:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item