Endah Retno, Susanti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF KELOMPOK B2 TK ABA PLAYEN I. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (89MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola melalui bermain konstruktif pada anak kelompok B2 TK ABA Playen I Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Obyek penelitian ini berupa peningkatan kemampuan mengenal pola anak melalui bermain konstruktif yang terdiri dari mengurutkan/memperkirakan 4 pola berurutan dan meniru pola. Setting penelitian ini mengambil tempat di TK ABA Playen I, Sumberjo, Ngawu, Playen, Gunungkidul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal pola anak kelompok B2 TK ABA Playen I dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Pada siklus I yang dilakukan dengan bermain konstruktif yang terdiri dari mengurutkan/memperkirakan 4 pola berurutan dan meniru pola berdasarkan pola warna, bentuk dan ukuran dengan meronce, menciptakan bentuk dan menyusun lego, kemampuan mengenal pola anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat sebesar 29,41%. Pada Siklus II yang dilakukan dengan bermain konstruktif yang bervariasi dan memadukan pola berdasarkan warna dan bentuk, warna dan ukuran, bentuk dan ukuran serta bentuk, warna dan ukuran dengan menempel, menggambar dan mewarnai, menjiplak bentuk dan meronce, kemampuan mengenal pola anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat sebesar 58,82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain konstruktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola anak kelompok B2 TK ABA Playen I Gunungkidul. Kata kunci: kemampuan mengenal pola, bermain konstruktif, kelompok B2 TK ABA Playen I Gunungkidul
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 02 Apr 2015 00:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |