EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Sakti, Sonni Permana (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SONNI PERMANA SAKTI (08301244030).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntukmengetahuiefektivitas model pembelajarandenganpendekatanpemecahanmasalah (problem solving) dalamsetting pembelajarankooperatiftipeNumber Head Together (NHT) sertamengetahuimanakah yang lebihefektifantarapembelajarandenganpendekatanpemecahanmasalah (problem solving)dalamsetting pembelajarankooperatiftipeNumber Head Together (NHT) danpembelajarandenganmetodekonvensionalditinjaudarikemampuanpemahamankonsepdankomunikasimatematissiswa. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemu.Populasipenelitianiniadalahpesertadidikkelas IX SMP N 1 PrambananSlemantahunajaran 2013/2014 yang terdiridari 4kelas.Dari 4 kelastersebutdipilih 2 kelassecaraacak, terpilihkelas IX C sebagaikelaskontrol yang menerapkanpembelajaran model konvensionaldankelas IX D sebagaikelaseksperimen yang menerapkanpembelajarandenganpendekatanpemecahanmasalah (problem solving) dalamsetting pembelajarankooperatiftipeNumber Head Together (NHT). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuanpemahamankonsepdankomunikasimatematis berupa pretest dan posttestberbentukuraiansertalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran. Ujihipotesismenggunakanujitdengankriteriakeefektifanjika rata-rata nilaiposttest pesertadidik minimal mencapai KKM, yaitu 74. Berdasarkanujihipotesismenggunakantarafsignifikansi 5% dapatdisimpulkanbahwa: 1) pembelajarandenganpendekatanpemecahanmasalah (problem solving) dalamsetting pembelajarankooperatiftipeNumber Head Together (NHT) efektifditinjaudarikemampuanpemahamankonsepdankomunikasimatematissiswa;2) model pembelajaran konvensionaltidakefektif ditinjau dari kemampuanpemahaman konsep dankomunikasimatematissiswa; 3) pembelajarandenganpendekatanpemecahanmasalah (problem solving) dalamsetting pembelajarankooperatiftipeNumber Head Together (NHT) lebihefektifdibandingkandengan model pembelajarankonvensionalditinjaudarikemampuanpemahamankonsepdankomunikasimatematis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 01 Apr 2015 23:59
Last Modified: 29 Jan 2019 19:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item