FAKTOR YANG MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL

Agus Susanto, Susanto Agus (2015) FAKTOR YANG MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
FAKTOR YANG MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMA NEGERI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor yang mendukung dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Adapun faktor yang mendukung dalam proses pembelajaran Penjasorkes yang dikaji dalam penelitian ini terdiri dari empat faktor yaitu guru, siswa, kurikulum, dan sarana prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatanyang berjumlah 36 yang aktif mengajar di SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sedangkan instrumennya menggunakan angket. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendukung dalam proses pembelajaran Penjasorkes di SMA N se-Kabupaten Bantul terdiri dari empat faktor, yaitu siswa, guru, kurikulum, dan sarana prasarana. Dari ke empat faktor tersebut, faktor kurikulum merupakan faktor pendukung yang paling tinggi yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 122,33 dan memiliki presentase sebesar 26,28% dari keempat faktor tersebut. Urutan kedua adalah faktor guru dengan rata-rata nilai sebesar 118,73 dan memiliki presentase sebesar 25,51% dari keempat faktor tersebut. Urutan ketiga adalah faktor sarana dan prasarana dengan rata-rata nilai sebesar 115,60 dan memiliki presentase sebesar 24,84% dari keempat faktor tersebut, dan urutan yang terakhir adalah faktor siswa dengan rata- rata nilai sebesar 108,80 dan memiliki presentase sebesar 23,37% dari keempat faktor tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan faktor kurikulum merupakan faktor yang paling mendukung pembelajaran karena kurikulum merupakan cetak biru, atau pedoman setiap guru untuk melaksanakan pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 23 Mar 2015 06:16
Last Modified: 29 Jan 2019 19:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item