POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GOA SEPLAWAN DI DESA DONOROJO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO DITINJAU SECARA GEOGRAFIS

Naviko Elta Rinaldi, . (2015) POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GOA SEPLAWAN DI DESA DONOROJO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO DITINJAU SECARA GEOGRAFIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 08405244014 Naviko.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui kondisi fisik Objek Wisata Goa Seplawan. (2) Mengetahui kondisi non fisik Objek Wisata Goa Seplawan. (3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan Objek Wisata Goa Seplawan. (4) Mengetahui potensi pengembangan Objek Wisata Goa Seplawan. (5) Mengetahui upaya-upaya pengembangan Objek Wisata Goa Seplawan untuk ke masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu kondisi fisik Goa Seplawan serta sarana dan prasarananya, dan kondisi non fisik meliputi wisatawan dan pengelola. Seluruh faktor fisik dan seluruh pengelola diteliti semua. Jumlah sampel wisatawan yaitu 100 wisatawan yang ditentukan dengan teknik Insidental Sampling Quota. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Keadaan fisik lingkungan di sekitar objek wisata Goa Seplawan; kondisi reliefnya secara umum berupa perbukitan dan daerahnya bergelombang dengan kemiringan lereng antara 0-60 persen seluas 103.482 ha. (2) Kondisi Non fisik : Jumlah kunjungan wisatawan Goa Seplawan menurun menurut data tahun 2010 - 2012 dari Dinas Dinhubkominpar Kab.Purworejo yaitu pada tahun 2010 jumlah kunjungan wisatawan lokal 12.522 wisatawan, tahun 2011 sebanyak 9.541 wisatawan dan pada tahun 2012 naik menjadi 12.336 wisatawan lokal. Wisatawan didominasi oleh wisatawan lokal rata-rata pengunjung adalah pemuda-pemudi. (3) Aksesibilitas mencapai objek wisata Goa Seplawan dari kota kabupaten berjarak 40 km. (4)Faktor pendukung dalam pengembangan objek wisata Goa (5). Upaya pengembangan pariwisata Goa Seplawan untuk masa yang akan datang, dari hasil analisi SWOT terdapat 11 prioritas alternatif strategi yaitu Peringkat Pertama dapat menarik wisatawan lebih banyak dari dalam daerah maupun luar daerah. (7,65). Kata kunci: Potensi, Pengembangan, Pariwisata, Goa Seplawan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Ilmu Sosial > Geografi > Pemetaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 23 Mar 2015 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 19:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item View Item