Leberti Pialana, Wahyuni (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEKSPRESIKAN EMOSI DASAR MELALUI PERMAINAN MUSIK FEELING BAND PADA ANAK KELOMPOK A RA MASYITHOH KALISOKA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
SKRIPSI pdf.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengekspresikan emosi melalui permainan musik feeling band pada anak kelompok A RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul. Ekspresi emosi yang ditingkatkan antara lain ekspresi emosi marah, sedih, gembira dan takut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul, dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualiatatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengekspresikan emosi dasar pada anak kelompok A RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul dapat di tingkatkan melalui permainan musik feeling band. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan ke siklus I, yang semula rata-rata kemampuan mengekspresikan emosi dasar anak, berada pada kriteria MB (44.69%), meningkat menjadi BSH (59.69%). Sementara dari siklus I ke siklus II kemampuan mengekspresikan emosi dasar anak meningkat dari kriteria BSH (59.69%) menjadi BSB (78.44%). Adapun langkah-langkah pelaksanaan antara lain, (1) guru menyiapkan alat musik yang digunakan, (2) guru memperkenalkan alat musik yang akan digunakan, (3) guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yaitu bermain musik sesuai dengan emosi atau perasaan yang dirasakan anak, (4) guru terlebih dahulu memperkenalkan 4 emosi dasar yang akan dikenalkan kepada anak, (5) guru memperkenalkan dengan bercerita dan gambar, (6) guru bercerita dengan tema yang dekat dengan kehidupan anak dengan ilustrasi yang sesuai, (8) guru mencontohkan cara bermain alat musik sesuai emosi atau perasaan yang diminta hingga anak paham, (9) anak bermain secara bergantian, (10) bila ada anak yang belum bisa, maka guru dapat membimbingnya. Kata kunci : kemampuan mengekspresikan emosi dasar, permainan musik feeling band, Raudatul Athfal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 01 Apr 2015 23:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13567 |
Actions (login required)
View Item |