UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH MELALUI BERMAIN BOWLING SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK WIDYA MULYA LOSARI NGAGLIK SLEMAN

Arum, Sulistyaningsih (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH MELALUI BERMAIN BOWLING SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK WIDYA MULYA LOSARI NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Arum Sulistyaningsih NIM 09111244023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar bola secara terarah melalui bermain bowling sederhana pada anak Kelompok A di TK Widya Mulya Losari Ngaglik Sleman. Kemampuan melempar bola secara terarah merupakan salah satu perkembangan yang penting bagi anak usia dini sehingga peneliti memfokuskan pada unsur ketepatan anak dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A TK Widya Mulya Losari Ngaglik Sleman. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan melempar bola secara terarah melalui bermain bowling sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi checklist. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada kemampuan melempar bola secara terarah adalah 80% . Hasil penelitian ini yaitu pada pra tindakan tingkat pencapaian 20%. Setelah dilakukan tindakan Siklus I terjadi peningkatan yaitu 46,7%. Selanjutnya Siklus II hasil yang dicapai yaitu 80% yang telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan yaitu 80%. Langkah-langkah dalam permainan bowling sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan melempar bola secara terarah adalah guru mengajak anak-anak untuk bermain di luar ruangan yang berkonblok, guru menyiapkan alat permainan bowling sederhana, guru mengukur jarak untuk melempar yaitu 5 meter dari pin bowling, sebelum bermainan anak-anak melakukan pemanasan terlebih dahulu, guru memberikan contoh bagaimana cara melempar, guru memanggil anak satu per satu untuk praktek bermain bowling, dan setiap anak diberi tiga kali kesempatan untuk melempar. Kata kunci: melempar bola secara terarah, bermain bowling sederhana, anak Kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Apr 2015 23:59
Last Modified: 29 Jan 2019 19:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13563

Actions (login required)

View Item View Item