KONSEP DIRI PENYANDANG TUNAGANDA(STUDI KASUS DI SLB YAPENAS SLEMAN

Akbar Waskita Ifdhil Haq, Akbar (2015) KONSEP DIRI PENYANDANG TUNAGANDA(STUDI KASUS DI SLB YAPENAS SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Akbar Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri penyandang tunaganda yang berada di SLB Yapenas Sleman. Lima belas pertanyaan penelitian diajukan berhubungan dengan tujuan penelitian. Subjek penelitian ini adalah KN dan DR yang merupakan penyandang tunaganda di SLB Yapenas Sleman. Subjek penelitian memiliki persamaan yakni sebagai individu yang ceria dan merupakan individu dengan tunaganda disertai tunagrahita, namun mempunyai latarbelakang keluarga yang berbeda. Objek penelitian ini adalah konsep diri. Tempat penelitian di lingkungan sekolah SLB Yapenas dan lingkungan kediaman subjek, yakni di Dusun Leles Perumahan Condong Catur dan Dusun Prayan Wetan, Desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Sleman. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara dan observasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman model reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan KN dan DR merasa terhambat dengan keadaan fisiknya, namun keduanya tidak merasa malu untuk berinteraksi sosial di masyarakat. Lingkungan sosial subjek terbuka dan menerima KN dan DR apa adanya. Keluarga subjek juga menerima subjek apa adanya. Secara keseluruhan dapat ditunjukkan bahwa konsep diri KN dan DR adalah positif. Kata kunci: konsep diri, tunaganda

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item View Item